Beranda | Artikel
Doa Keluar Toilet
Selasa, 5 Desember 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Doa Keluar Toilet ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 21 Jumadal Ula 1445 H / 4 Desember 2023 M.

Kajian Tentang Doa Keluar Toilet

غُفْرَانَكَ

“Ya Allah, ampunilah aku.”

Dalilnya adalah hadits yang dituturkan oleh Ummul Mukminin ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha. Beliau menyampaikan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ketika keluar dari tempat buang hajat, mengucapkan غُفْرَانَكَ yang artinya “Ya Allah, ampunilah aku.” (HR. At-Tirmidzi dan beliau menyatakan bahwa hadits ini hasan gharib)

Ulama lain seperti Imam Ibnu Hibban, Imam Al-Hakim, Imam Adz-Dzahabi, dan Syaikh Al-Albani, semuanya menyatakan bahwa hadits ini shahih.

Kalimat ini sama seperti ucapan istighfar. Namun selama ini kita memahami bahwa kalimat istighfar itu diucapkan setelah melakukan dosa atau kesalahan, baik dosa besar maupun kecil. Yang menjadi pertanyaannya adalah mengapa setelah buang hajat kita membaca beristighfar? Apakah buang hajat itu dosa, maksiat, atau kesalahan? Kenapa kita minta ampun?

Ada beberapa jawaban dari para ulama. Salah satu jawabannya adalah karena kita tidak berdzikir di dalam kamar mandi, sehingga setelah keluar dari toilet segera beristigfar. Namun, jawaban ini kurang pas. Karena bukankah di kamar mandi kita tidak berdzikir karena dilarangan oleh Allah? Maka jawaban yang lebih pas adalah kita minta ampun kepada Allah karena kita belum maksimal dalam mensyukuri nikmatNya. Ini berkaitan dengan hubungan antara buang hajat dan mensyukuri nikmat Allah.

Buang hajat adalah salah satu nikmat Allah. Jika ada orang yang tidak bisa buang hajat, dia akan merasa sangat tersiksa. Tidak bisa buang air besar atau buang air kecil adalah siksaan yang sangat menyiksa. Maka saat kita bisa buang hajat, sejatinya kita sedang mendapatkan nikmat dari Allah.

Dan ingatlah, kita bisa buang hajat karena ada nikmat-nikmat sebelumnya, seperti makan dan minum. Kita bisa makan karena tersedia makanan, dan tersedianya makanan juga adalah nikmat. Buang hajat mengingatkan kita pada berbagai nikmat Allah yang begitu banyak. Hingga saat ini, kita belum maksimal dalam bersyukur. Oleh karena itu, setelah buang hajat, kita membaca istigfar sebagai tanda syukur kepada Allah.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53673-doa-keluar-toilet/